Oct 12, 2009

Blogger Sitemap Generator

Memanfaatkan "Blogger Sitemap Generator" untuk melengkapi Sitemap dari blog anda adalah sangat penting, agar mesin pencari dapat mengindeks semua halaman blog anda.

Sitemap adalah file teks yang berisi daftar semua halaman web yang ada di situs Anda. Adalah penting bahwa Anda membuat sitemap yang komprehensif karena hal ini akan membantu Google dan mesin pencari lainnya yang lebih baik menjelajah situs Anda dan yang mungkin berarti lebih banyak lalu lintas yang datang dalam jangka panjang.

Dari hasil blogwalking, saya menemukan penjabaran tentang Sitemap secara gamblang, saya hanya mencoba menuturkan dalam versi indonesia. Jika anda kurang puas dengan penjelasan saya silahkan kunjungi situs aslinya di : http://www.labnol.org/internet/submit-blogger-sitemap-to-google/10149/

Masalah dengan Blogger Sitemap Files

Idealnya, file sitemap harus mengandung semua URL dari sebuah situs tetapi jika blog Anda di-host di blogspot.com (atau jika anda menggunakan versi host dari Blogger dengan custom domain), Anda akan terkejut kalau tahu bahwa sitemap default file hanya berisi 26 halaman terbaru dari blog Anda.

Itu hal yang buruk karena beberapa halaman blog Anda yang terdahulu, yang hilang dari sistem file sitemap dibuat, mungkin tidak akan pernah diindeks di mesin pencari. Namun ada solusi sederhana untuk memperbaiki masalah ini.

Langkah-langkah untuk melengkapi Sitemap pada Blogger Blog Anda

Langkah 1: Jika Anda belum melakukannya, sign-in ke Google Webmaster account dan menambahkan blog Anda.

Langkah 2: Setelah blog Anda ditambahkan ke Google, membuka Sitemap Generator dan ketik alamat lengkap dari blog blogspot Anda.

Langkah 3: Apa yang Anda dapatkan adalah sitemap daftar file yang berisi masing-masing dari setiap halaman blog Anda. Sekarang Anda hanya perlu ping ke Google, Yahoo dan Bing untuk memberitahu mereka tentang XML Sitemaps.

Seperti yang ditunjukkan dalam video screencast di bawah ini, anda perlu secara manual menambahkan setiap file sitemap ke Google Webmaster Tools dashboard tetapi untuk Bing atau Yahoo, Anda dapat mengklik hyperlink biru dan mesin pencarian ini akan secara otomatis men-download peta situs relevan file dari blogspot situs.


2 comments:

ayomaos said...

nice info.. thanks

Jaloee said...

waduh masa sih mas... ttg daftar sitemap ke google yg dulu sy tulis masih ada koq di list google ama yahoo

Post a Comment