May 18, 2009

Pentingnya pola hidup sehat

Mengatur pola hidup sehat adalah penting, apalagi pada saat ini kita dituntut agar respon terhadap perubahan lingkungan yang terjadi di sekitar kita.
Padahal kita tahu bahwa pergantian musim sepertinya tidak menentu. Sedangkan kemampuan adaptasi dari tubuh manusia tidak sama diantara mereka.
Kita juga megetahui, bahwa akhir-akhir ini mulai banyak bermunculan penyakit yang diprediksi belum diketahui penyebab dan cara mengatasi penyakit tersebut.
Oleh karena itu, kita perlu mengatur pola hidup kita agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.
Mengatur pola hidup sehat sangat perlu, diantaranya :

1. Mengatur cara makan.

Jangan mengkonsumsi produk makanan secara sembarangan. Produk makanan yang kita beli, hendaknya harus sesuai dengan nilai gizi yang kita perlukan. Selain itu kita juga harus mengetahui masa kadaluwarsa dari produk makanan tersebut. Usahakan mengkonsumsi makanan yang berserat dan alami, misalnya bahan makanan yang diolah berasal dari kebun kita sendiri. Atau minimal menghindari makanan berkemas plastik atau kaleng.

2. Olahraga yang cukup.

Disela-sela kesibukan kita sehari-hari, tetap diusahakan meluangkan waktu untuk berolahraga. Lakukan gerakan-gerakan pemanasan, misalnya peregangan otot, Latihan pernapasan atau jogging sehingga tubuh kita mengeluarkan keringat.

3. Membuat jadwal penggunaan waktu, akan sangat membantu dalam mencapai hidup yang teratur.

4. Ciptakan ruang kerja yang bisa membuat anda menikmati suasana dan semangat kerja. Jangan merokok dalam ruang kerja, karena sangat berpengaruh pada kesegaran udara disekitar ruang kerja..

5. Hindari merokok, atau bila anda sudah terlanjur merokok, usahakan untuk mengurangi volume merokok atau mengganti kebiasaan merokok dengan mengunyah permen.

6. Memperbanyak minum air mineral adalah penting untuk kesehatan ginjal.

7. Jangan terlalu lama duduk dan menatap layar monitor, bila anda seorang operator komputer. Minimal tiga jam sekali, mata anda perlu santai dengan melihat hijau daun pada tumbuhan disekitar ruang kerja.

8. Biasakan menggunakan waktu istirahat untuk tidur dengan benar, dalam arti : jangan membawa masalah atau pekerjaan yang sudah dikerjakan pada saat mengawali tidur .

0 comments:

Post a Comment