Apr 29, 2009

Swine Influenza atau flu babi

Akhir-akhir ini dunia digemparkan oleh penyakit yang disebut dengan Swine Influenza atau flu babi. Apa sih sebenarnya Swine Influenza atau flu babi ?
Influenza Babi (flu babi) adalah penyakit pernapasan babi yang disebabkan oleh virus influenza tipe A. Pada saat ini, terdapat empat jenis utama influenza A virus subtypes yang telah diisolasikan di babi: H1N1, H1N2, H3N2, dan H3N1. Namun, sebagian besar baru-baru ini terisolasi virus influenza dari babi adalah H1N1 virus.

Masih belum dipastikan, bagaimana virus ini menyebar di lingkungan masyarakat.

Gejala-gejala flu babi pada manusia, mirip dengan gejala flu biasa seperti demam, batuk, sakit tenggorokan, nyeri tubuh, sakit kepala, panas dingin dan kelelahan. Beberapa orang telah melaporkan diare dan muntah-muntah yang berhubungan dengan flu babi.

Penyebaran flu babi dapat terjadi dalam dua cara:

* Melalui kontak dengan babi yang terinfeksi atau lingkungan yang terjangkit dengan virus flu babi.
* Melalui kontak dengan orang yang menderita flu babi, sama seperti flu musiman. Penyebaran Influenza menyebar terutama dari orang-ke-orang melalui batuk atau bersin dari orang yang terinfeksi.

Tidak ada vaksin yang tersedia sekarang untuk melindungi diri terhadap flu babi, tindakan yang dapat membantu mencegah penyebaran kuman yang menyebabkan penyakit pernafasan seperti influenza :

* Tutup hidung dan mulut anda dengan tisu ketika batuk atau bersin. Buang di tempat sampah setelah Anda menggunakannya.
* Cucilah tangan dengan sabun dan banyak air, terutama setelah batuk atau bersin.
* Hindari menyentuh mata, hidung atau mulut. Kuman menyebar dengan cara ini.
* Cobalah untuk menghindari kontak dekat dengan orang yang terjangkit virus ini.
* Jika Anda sakit influenza, lebih baik Anda tinggal di rumah dan membatasi kontak dengan orang lain untuk menjaga penyebaran virus terhadap orang lain.

Bila anda penggemar makanan yang mengandung daging babi, anda tidak perlu kuatir tertualr virus ini mengingat Virus influenza Babi tidak disebarkan lewat makanan yang mengandung daging babi. Dengan memasak makanan yang mengandung daging babi pada suhu 160 ° F akan membunuh bakteri dan virus.

0 comments:

Post a Comment