Feb 26, 2009

Mengatasi Virus SHORTCUT

Berapa hari ini banyak kegiatan administrasi yan terbengkalai akibat ulah YUYUN, MICROSOFT dan HARRY POTTER yang bekerja sama membuat SHORTCUT di hampir semua folder yang ada.

Terpaksa saya mencoba mencari informasi bagaimana cara mengatasinya. Dari beberapa info yang ada akhirnya saya mencoba dua langkah yang saya praktekkan dan alhamdulillah berhasil.

Secara manual :

1. Matikan system restore.

2. Matikan proses virus dengan Hijackthis atau currprocess. Kill proses "wscript.exe"

3. Buka windows explorer | Folder Option kemudian Centang "Show hidden files", terus hilangkan juga centang "hide extention for known files" & " hide protected operating system files" yang ada dibawahnya.

4. Masuk ke "my document" terus cari "database.mdb". Ini data base yang dibuat virusnya, hapus aja.

5. Terus search dengan Keyword "thumb.db; Autorun.inf" (tanpa tanda petik). Pilih advance, centang juga Search system folder, Search Hidden Files & folders. Hapus semua yang ditemukan , kecuali autorun yang emang ada hubungannya dengan software ( biasanya ada peringatan bila terkait apllikasi )

6. Search sekali lagi dengan keyword " *.lnk " (tanpa tanda petik), dan hapus semu shortcut yang berwarna kuning (biasanya bernama microsof, harry potter, new folder)


Untuk jaga2 supaya tidak terkena lagi, masuk Run ---> msconfig--> sevices. Hilangkan centang pada opsi "shell hardware detection".

Menggunakan Anti Virus AVG Pro 8.0.237 ternyata sangat ampuh, untuk silahkan download anti virus tersebut.


0 comments:

Post a Comment